London – Marrakech Trip, Part 4: The Natural Sights to see

Salah satu keunggulan dari Marrakech yang difavoritkan oleh para turis adalah alam yang ada di sekitar kota tersebut. Pegunungan Atlas merupakan wisata alam yang berada di bagian selatan Marrakech dan merupakan salah satu tujuan utama para turis ke negara ini. Pegunungan Atlas merupakan pegunungan kedua tertinggi di Afrika dengan tinggi lebih dari 4,000m dengan puncak tertinggi di Jbel Toubkal, barat daya dari Marrakech setinggi 4,167m. Uniknya pegunungan ini adalah pegunungan es yang berada di tengah-tengah padang pasir. Penduduk yang tinggal di sekitar pegunungan ini adalah suku Berber, mayoritas ras penduduk Marrakech juga. Suku Berber bisa dibilang seperti suku Badui di Banten, agak ‘keras’ dan kuat dengan adat istiadatnya.

Gambar 15. Pegunungan Atlas

Salah satu tempat yang sangat dianjurkan dikunjungi adalah Imlil, daerah selatan dari Marrakech, dengan jarak waktu sekitar 1-2 jam menggunakan mobil. Imlil adalah salah satu spot yang paling bagus untuk melihat pemandangan pegunungan Atlas dari dekat, jika tidak ingin langsung berada di pegunungan es tersebut. Dari sana, kita bisa melihat indahnya kombinasi antara gunung dengan penghijauan dan gunung es dalam satu gambar. Di dalam perjalanan menuju Imlil, kita juga bisa melihat banyaknya pohon Argan di tepi jalan yang minyaknya menjadi salah satu produk unggulan di Maroko. Ada pabrik dan tempat menjual minyak tersebut yang bisa didatangi. Menurut narasumber yang menjadi tour guide di rumah pabrik tersebut, minyak Argan ini merupakan hasil pekerjaan para wanita yang tinggal di Maroko selagi ditinggal suami yang bekerja ke kota mencari nafkah. Selain itu, ada beberapa pemandangan lain yang bisa dilihat seperti beberapa rumah yang berada di sekitar lereng pegunungan. Mengenai biaya perjalanan, berdasarkan pengalaman sekitar Dh 900 untuk menyewa mobil berkapasitas 7-8 orang (dengan supir) sudah termasuk upah supir dan bensin. Mengenai konsumsi, ada tempat makan yang memiliki pemandangan indah langsung ke pegunungan Atlas dengan sudah menyediakan paket seharga Dh 150 untuk appetizer, main course, dan dessert dengan pilihan cukup beragam (belum termasuk minum).

Gambar 16. Pohon Argan yang ditemui di tepi jalan

Gambar 17. Bagian dalam rumah pabrik minyak Argan

Gambar 18. Permukiman di lereng pegunungan

Gambar 19. Pemandangan dari tempat makan di Imlil

Jika ingin melihat dan menikmati daerah pantai di Afrika, bisa ke Essaouira yang terletak di sebelah barat dari Marrakech. Jaraknya sekitar 2,5 jam dari Marrakech menggunakan mobil. Tidak hanya pantai yang bisa dilihat disana, tetapi juga pelabuhan. Makanan di Essaouira juga cukup enak dengan banyak macam ikan atau makanan laut lainnya yang disediakan, salah satunya di . Biaya perjalanan antara Dh 500-800, tergantung jumlah penumpang, besarnya kendaraan yang digunakan, serta kemahiran negosiasi kita dengan supir.

Gambar 20. Situasi pelabuhan di Essaouira

Gambar 21. Pantai di Essaouira

Ada tempat lain yang bisa dikunjungi dan merupakan rekomendasi utama untuk para turis, yaitu Ourika Valley di daerah pegunungan Atlas juga. Jarak waktunya sekitar 1 jam dari Marrakech menggunakan mobil. Banyak pemandangan indah yang bisa dinikmati disana, hampir sama dengan di Imlil. Akan tetapi, beberapa orang lokal lebih menyarankan ke Ourika daripada ke Imlil. Info mengenai tempat wisata ini bisa dilihat di http://www.naturallymorocco.co.uk/destinations/high-atlas/ourika-valley/.

Masih banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi di sekitar kota Marrakech. Mungkin jika pergi ke puncak pegunungan Atlas akan menemui banyak pengalaman yang lebih bagus dan berkesan.

NB: Some of my photos can be seen on my Flickr

Advertisements

About azisoelaiman

ITB Architecture's student, ITB Student Orchestra's violinist, melankolerist person, architect proffesional wanna be..

Posted on January 26, 2012, in Afrotrip, Travelling Stories and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: